TIPS OPTIMALKAN KERJA SEARCH ENGINE (GOOGLE)

Jika membutuhkan informasi di internet, keberadaan mesin pencari (search engine) merupakan suatuhal yang lumrah digunakan. Sebab, mesin itulah yang akan membantu menuju informasi / situs yang dicari. Cukup dengan memasukkan / mengetikkan kata kunci (keyword), mesin pencari akan menampilkan informasi yang dicari hanya dalam waktu yang singkat (hitungan detik). Hal ini tentu saja sangat memudahkan bagi yang tidak tau spesifikasisitus yang dituju.
Sebetulnya banyak pilihan yang ditawakan seperti Google, Yahoo, Wikipedia, Youtube, Ask, dan sebagainya. Dari sekian banyag mesin pencari yang ada mungkin Google-lah yang paling sering dipergunakan. Sebab, Google dikenal sebagai mesin pencari yang paling akurat dan mampu menampilkan lebih banyak informasi. Meski demikian, banyak kasus Googel tak dapat bekerja optimal seperti yang kita harpkan. Biasanya, User-lah yang kurang paham terhadap perintah Google, atau dalam memberi perintah Google.
Banyak cara untuk mengoptimalkan Google agar informasi yang dibutuhkan punya akurasi yang tingi. Pertama, memakai kata yang spesifik. Cara ini ditempuh agar google tidak menampilkan terlallu banyak informasi yang kurang relevan. Misal anda mencari informasi tentang lowongan kerja, ketik pula bidang pekerjaan, serta kota yang diinginkan. Jika perlu gunakan hingga lima kata.
Jika dengan cara pertama masih kurang optimal maka gunakan cara yang kedua. Yaitu paksa google dengan ‘tanda kutip’. Hal ini agar Google mencari informasi sesuai rangkaian kata yang sudah diketik. Missal anda butuh informasi tentang kuliner Kota Yogyakarta. Biasanya, Googel akan menampilkan kuliner ……. …… ….., atau kota …… ….. ….., atau Yogyakarta ….. ….. ….. Nah, agar informasi tersebut semakin releven, gunakan tanda kutip menjadi ‘kuliner Kota Yogyakarta’.
Ketiga, kita bisa menggunakan tanda plus (+) dan minus (-). Tanda plus untuk menambah informasi yang diperlukan. Missal ‘kuliner Kota Yogyakarta’ tetapi khusus gudeg. Anda bisa mengetikkan ‘kuliner Kota Yogyakarta,+ gudeg. Sedangkan tanda minus digunakan untuk menghilangkan informasi-informasi yang tidak diperlukan. Ini dikarenakan Google mengindeks semua halaman yang dianggapnya penting. Sebagaimana iklan, bookmarking, berita dan lain-lain. Padahal tidak semua informasi itu penting. Missal anda sedang mencari informasi tenteng ‘cara dapat dolar dari internet’. Tampilan yang muncul terkadang dijejali iklan dari orang-orang yang menjual soft ware yg belum tentu kebnarannya. Maka ketikkan ‘cara dapat dolar dari intenet’- iklan. Hasilnay Googlo akan mengurangi informasi iklan yang memang tidak diinginkan.
Sekian, mohon maaf jika ada yg salah atau masih kurang sempurna atau pun ada artikel yang mirip nikan dunia maya.
Feeds
Make Money Online! Earn $1000s Per Month!
Silahkan berkomentar!
Related Posts