Pengertian Skimming

Belakangan kita sering mendengan kata 'Skimming', seiring dengan terungkapnya pembobolan ATM nasabah-nasabah bank, meski saya sendiri tidak yakin modus ini yang digunakan mengingan ada nasabah yang mengaku uangnya hilang dalam tempo 20 detik dan dati berbagai atm. tapi disini saya tidak akan membahas hal tersebut karna saya belum punya ilmu untuk melakukannya, di sini saya hanya akan berbagi ilmu tentang apa sih sebenernya 'Skimming' itu. Meski sudah sering dengar, belum tentu kita tau pengertian dari 'Skimming' itu.

Singkat kata, Skimming merupakan modus yang digunakan pelaku (skimmer) untuk menyadap data digital — termasuk PIN & saldo yang terjadi pada saat kartu masuk ke dalam mesin ATM. Modus ini menggunakan slot kartu yang dimodifikasi secara khusus dan ternyata memang dijual-belikan pada komunitas tertentu.

Kecurigaan akan aksi Skimming ini semakin menguat bila melihat kronologis hilangnya uang nasabah yang dicurigai dalam bentuk US Dollar, melalui jaringan Cirrus, dan mulanya terjadi di Toronto, Canada. Sepertinya ini dilakukan bukan oleh orang lokal ya? Apalagi lokasi ATM BCA tersebut berada di ruas jalan Legian yang ramai dilalui wisatawan.

Sebagai nasabah bank tentunya kita sendiri harus lebih berhati-hati dan disarankan untuk memperhatikan slot kartu sebelum bertransaksi. Tinggalkan ATM apabila melihat tanda-tanda slot tersebut telah dimodifikasi. Dan yang terpenting adalah menjaga PIN agar tidak diketahui orang lain serta menghindari penggunaan tanggal lahir sebagaimana lumrah-nya tampil di Facebook.
Feeds
Make Money Online! Earn $1000s Per Month!
Silahkan berkomentar!
Related Posts