Firefox 4 Beta



Mozilla firefox 4 akan keluar pada akhir tahun 2010. Namun sebelum meluncurkan versi sempurnanya (final), Mozilla mengajak para penggemar untuk mencoba browser terbarunya melalui Mozilla Firefox 4 beta.Melalui versi trial ini, Mozilla mulai memperkenalkan tampilan serta berbagai fitur baru yang nanti akan hadir di Firefox 4.

sama seperti browser terbaru lainnya, Firefox 4 Beta menyediakan beberapa fitur perlindungan crash. Salah contohnya ketika browser plugin mengalami crash, ini hanya akan berdampak pada plugin itu sendiri dan tidak membuat keseluruhan browser crash.

Firefox 4 Beta juga menyertakan fitur dukungan HTML5, full WebGL untuk melakukan rendering 3D di browser dan add yang mendukung video format Google terbaru WebM.

Mozilla mengklaim Firefox 4 beta 1 yang berjalan dengan web platform gecko 2.0 ini, jauh lebih baik ketimbang Firefox 3.6. Sekilas tampilannya sedikit menyerupai gabungan Google Chrome dan Opera versi terbaru (10.6). Firefox berusaha untuk membuat tampilan browsernya menjadi lebih simpel. Untuk ukuran simpel, saat ini mungkin Google Chrome lah pemenangnya.

Berbeda dengan versi 3.6, Firefox 4 memiliki bentuk tab yang mirip dengan Chrome. Bedanya, tab milik Firefox terlihat transparan. Sementara untuk tombol menunya, sekilas browser ini mirip dengan Opera 10.6. Dengan tampilan baru ini halaman Firefox terasa lebih lega. Apalagi jika pengguna memanfaatkan persona yang sesuai.

Hal baru yang mungkin membuat pengguna sedikit bingung adalah tampilan menunya yang kini berpindah tempat. Pengguna tak lagi menemukan barisan menu yang ada di sisi atas. Sebagai gantinya, Firefox 4 hadir dengan satu menu berwarna orange bertuliskan Firefox. Saat di klik, dibawahnya muncul menu seperti: news windows, options, history dan sebagainya.

Firefox 4 pun memiliki kolom bookmark baru yang terletak di sisi kanan kolom search. Menu ini memberi kemudahan kepada pengguna saat ingin melakukan bookmark dengan satu kali klik saja.

Firefox 4 kini memiliki add-on manager yang terintegerasi dengan browser. Saat pengguna mengklik add-on, tampilan langsung diarahkan ke tab browser baru. Hmmm..sedikit tak asing ya? Sepertinya Firefox kembali 'mencontek' model extensions serupa milik Google Chrome.

Dalam keterangannya, Mozilla mengatakan bahwa tampilan add-on manager ini masih dapat berubah sebelum versi final Firefox 4 tiba.

Dengan segala fitur yang diusungnya, Firefox 4 secara umum lebih ringan dari Firefox 3.6. Mungkin Mozilla telah membenahi alokasi memori yang digunakan, karena selama ini Firefox memang dikenal memiliki beban memori berat. Mungkin karena alasan inilah umat di rubah api banyak yang berpindah.

Cukup menarik bukan. Anda pecinta firefox sebaiknya mencoba browser terbaru dari Mozilla ini, agar nanti saat versi finalnya di rilis anda sudah ter biasa. Dan anda dapat memberi masukan kepada pihak Mozilla sebelum versi finalnya di rilis. Jika anda ter tari anda bisa mendownloadnya di sini, atau anda bisa langsung mengunduhnya di situs resmi Mozilla.
Feeds
Make Money Online! Earn $1000s Per Month!
Silahkan berkomentar!
Related Posts