"Liza Moon" melakukan "Mass Injection"

Sebuah virus komputer kini tengah menyebar masif menginfeksi ratusan ribu alamat situs web di seluruh dunia. Virus ini disebut "Liza Moon". Diberitakan oleh detininet bahwa telah terjadi serangan kepada lebih dari satu juta halaman website di internet. Pakar keamanan menyebut serangan ini "Mass Injection". Pengguna akan melihat bahwa telah di-redirect ketika mereka coba mengakses situs yang telah terinfeksi tersebut.

Berhati-hatilah karena bebrapa situs juga memberitaka bahwa Liza Moon ini mampu mencuri atau menguras kartu kredit anda. Liza Moon tidak membahayakan komputer korbannya secara langsung. Virus tersebut mengelabui korban dengan seolah-olah memberikan bantuan antivirus. Ia akan menampilkan informasi ancaman apa saja yang ada di komputer korban dan menawarkan bantuan untuk mengatasinya. Namun, saat diklik, korban harus membayar dulu dengan kartu kredit.



"Penipuan menggunakan scam antivirus yang sangat tradisional," kata Patrick Runald, peneliti keamanan digital dari Websense seperti dilansir eWeek. Ia mengatakan, pada 31 Maret 2011, virus yang disebarkan dengan teknik SQL injection itu telah menginfeksi lebih dari 500.000 alamat situs web. Ini merupakan penyebaran scam paling cepat di web dalam beberapa tahun sejak serangan yang sama tahun 2008 dan 2009.

Teknik SQL Injection ini membuat jutaan situs terinfeksi malscript yang diberi nama LizaMoon (di ambil dari nama lizamoon.com sumber awal malicious script tersebut berasal) akan membuat user mengarah ke situs AntiVirus palsu dan membuatnya menginstall sebuah program yang bernama Windows Stability Center.

Websense telah memantau penyebaran virus tersebut sejak 29 Maret 2011 karena penyebarannya sangat masif. Saat dideteksi pertama kali, baru ada 28.000 alamat situs web yang terinfeksi, tetapi jumlahnya bertambah sangat besar dari hari ke hari melalui situs yang menggunakan CMS dan mesin web versi lama. Situs web yang terinfeksi akan membawa pengunjung ke halaman web yang memberitahukan bahwa situs yang dikunjungi mengandung malware dan link untuk mengunduh antivirus palsu.
Feeds
Make Money Online! Earn $1000s Per Month!
Silahkan berkomentar!
Related Posts