Mengenal Partisi

Mengenal Partisi

Apakah Partisi itu? Memang kita sudah sering mendengar tapi belum tetntu kita mengerti apa itu partisi. Partisi adalah jajaran area fisik hard disk yang dapat diformat oleh suatu sistem operasi dengan file sistem tertentu. Melakukan partisi merupakan sebuah metode untuk membagi area pada sebuah disk drive. Setiap partisi dapat menyimpan dan menampilkan file data.

Pemartisian bertujuan agar disk dpat digunakan bagi pemakaian lebih dari satu sistem operasi, agar disk drive dengan kapasitas beasar dapat ditangansecara baik oleh FAT. Masalah keterbatasan FAT dalam menagani disk berukuran besar dapat dihindarkan dengan penggunaan program aplikasi yang berfungsi malakukan tugas pemartisian, seperti Patition Magic.

Setelah mengformat hard disk secra fisik, anda dapat membagi hard disk secara fisik menjadi beberapa partisi. Setiap partisi berfungsi sebagaimana layaknnya unit hard disk individual. Setiap partisi selanjutnya dapat diformat secara logical dengan file sistem yang anda kehendaki dan akan ditandai sebagai sebuah volume. Seperti layaknya prosedur pemformatan standar, Anda juga dapat memberikan label nama pada partisi tersebut, sebagai tanda identiasn volume yang lazim disebut dengan volume label.

VEVE's BLOG
Feeds
Make Money Online! Earn $1000s Per Month!
Silahkan berkomentar!
Related Posts