Virus Komputer

Definisi virus

Virus merupakan suatu program yang sengaja dibuat oleh programer yang usil, yang mempunyai tujuan untukmerusak. Biasanya virus menginfeksi dengan menyamarkan diri menjadi ekstensi file tertentu, seperti: .com, .exe, .jpg, .bat, .vbs, dan lain-lain. Beberapa virus dapat dibedakan menjadi :

  1. 1. Virus Boot Sector

Adalah virus umum dan biasanya menggandakan diri dengan cara menindih boot sector pada suatu disk. Sehingga ketika komputer booting maka virus akan dijalankan juga akan langsung dijalankan.

  1. 2. Virus File

Virus ini bekerja dengan menyerang file. Biasanya dengan menggunakan ekstensi .com, .exe.

  1. 3. Virus Direct action

Virus ini akan masuk ke memori dan akan mengambil alih dan menjalankan file yang lain. Dan setelah virus ini mampu menjalankan program untuk mengelabuhi user.

  1. 4. Multi Partition Virus

Merupakan kombinasi dari virus boot sector dan virus file. Virus ini punya kemampuan yang lebih hebat karena dapat menggabungkan efek kedua virus tersebut.

  1. 5. Polimorphic Virus

Yaitu virus yang dibuat untuk menipu suatu program anti virus dengan cara mengubah struktur atau susunan virus itu sendiri setelah menjalankan perintah.

  1. 6. Stealth Virus

Virus mampu mengendalikan instruksi level DOS dengan cara menguasai table interrupt.

  1. 7. Macro Virus

Virus ini dibuat dengan suatu bahasa pemrograman dari suatu aplikasi. Virus ini bersekala besar dan bersifat independent.

Feeds
Make Money Online! Earn $1000s Per Month!
Silahkan berkomentar!
Related Posts