Tips Memilih Flash Disk

Saat ini flash disk telah menjadi media penyimpan portabel yang paling populer, menggantikan disket. Memang sudah ada hardisk extenal / hark disk portabel, tapi bentuk dan ukurannya yang besar, dan bobotnya yang lumayan berat, membuatanya kurang praktis untuk dibawa kemana-mana. Sehingga akhirnya orang lebih memilaih flash disk.

Dengan semakin populernya flash disk, sekarang ada berbagai merek, bentuk dan kapasitas flash disk. Lalu bagaimana kita memilih flash diskyang sesuai / cocok untuk kita. Berikut da bebrapa hal yang harus kita perhatika saat memilih atau membeli flash disk.

1. Kapasitas
Saat membeli flash disk, sebaiknya kita memilih kapasitas yang sesuai atau mencukupi kebutuhan kita. Jangan sampai kita harus membeli flash disk dua kali dalam waktu yang berdekatan hanya karena kapasitas flash disk yang kita beli tidak memnuhi kebutuhan kita (terlalu kecil). Tapi jangan terlalu besar juga kapasitasnya, karena jelas jika kapasitasnya lebih besar maka dana yang disediakan harus lebih besar.

2. Harga
Setelah mengetahui kebutuhan kita dan telah menentukan kapasitas flash disk yang akan dibeli, kita harus melihat dana yang kita miliki. Jika memiliki dana yang lebih maka sebaiknya kita memilih membeli yang lebih mahal, karena kualitasnya akan lebih baik. Namunjiakdana yang kitamiliki hanya pas-pasan, belilah yang harganya rata-rata, tidak mahal tapi juga tidak terlalu murah atau murahan. Karena yang murah atau murahan mungkin saja benyak kekurangan, misalnya barang lama, mudah rusak, atau mungkin juga barang palsu.

3. Kecepatan read/write
Setelah menentukan kapsitas dan harga, cari tahu kemampuan read/write dari flash disk – flash disk dengan kapasitas dan harga yang telah kita pilih atau tentukan. Pilih kecepatan read/write yang terbaik untuk memudahkan kita dalam melakukan penyimpanan, pengkopian dari dan atau kedalam flash disk.

4. Desain
Desain flash disk sekarang bermacam-macam bahkan adayang menurut saya kekanak-kanakan, atau biasanya juga akan ada edisi khusus pada event-event tahunan (sekala internasional) atau hari-hari besar. Tapi pilihlah desain yang sesuai dengan anda. Kalau saya lebih memilih desain yang sederhan karena saya tidak mau mengeluarkan dan lebihhanyauntuk warna/cat, gambar, stiker, bentuk tutp kepala yang aneh atau menurut sebagian orangunik. Tapikan itu semua hanya fisk yang tidak mempengaruhi kinerja sebuah flash disk. Lebih baik pilih yang model dengan tutup kepala dari pada yang model putar. Berdasarkan penglaman saya yang model putar kepalanya mudah kotoroleh debu dan juga mudah berkarat. Dan karena modalputar memiliki ruang terbuka pada bagian samping, maka jiga terkena air akan mudah rusak karena air mudah rusak karena air akan dengan mudah masuk dibandingkan yang model bertutup.

5. Garansi
Rata-rata garansi flash dik adalah satu tahun. Dan memang itulah waktu garansi standar untuk sebuah flash disk. Jika garansi yang diberika kurang dari satu tahun, tanyalah ini garansi toko atau garansi produsen. Karena garansi produsen harusnya satu tahun dan jika kuarang dari satu tahun itu hanya garansi toko. Tanya kepada pelayan toko apakah jika garansi toko habis bisa klaim garansi produsen melalui toko tersebut. Senhingga jika ada kerusakan atau cacat bawaan yang baru kita ketahui setelah masa garansi toko habis, kita masih bisa minta produk pengganti.Masa pakai sebuh flash disk biasanya 2-3 tahun jadi jika da garansi yang melebihi itu jangan percaya.

6. Merk
Usahakna membeli flash disk dengan merk yang sudah populer atau pun merk-merk yang menjadi rekomendasi. Karena merk-merk yang sudah populer dan direkomendasikan biasanya memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi dan ketersediaan driver dari perangkat tersebut sehigga nantinya tidak akan terjadi flash disk yang tidak terbaca karena ketidak tersediaan driver.

7. Keamanan
Keamana sebernanya adalah yang palong utama, misalnya membeli flash diskyang meenggunakan password ataupun pin atau cip keamanan. Namun kenyataanya belum banyak yang menerapkan ini dan jika da harganya mahal sehingga sala letakkan belakangan.

Menurut saya itulah hal-hal yang harus kitaperhatikan dalam memilih flash disk atau pmedia penyimpan yang lainnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Download tulisan ini.

Jangan lupa terus kunjungi VEVE'S BLOG.
Feeds
Make Money Online! Earn $1000s Per Month!
Silahkan berkomentar!
Related Posts